Senin, 06 Januari 2014

Memformat hardisk pada Linux

sebenarnya ini artikel ane tulis pas ane lagi bantuin temen yg lagi punya masalah ama laptop usangnya gan, hehhe. tapi gue fikir siapa tau ada agan2 punya masalah yg sama ama temen gue, jadi ane share aja nih pengalaman gue. Langsung aja  yah pada intinya....


Sebenarnya banyak cara yg dapat digunakan untuk memformat media storage (HDD Internal, HDD Eksternal, FD, Dll) pada linux Ubuntu. Biasanya menggunakan fdisk , cfdisk, dan gparted. Tapi gue saranin pake Gparted aja biar mudah. Caranya gini ....

Pertama, Buka terminal pada Linux Ubuntu anda ( Ctrl + ALT + T )

Kedua, jadikan user sebagai Root. Ketik Sudo su   trus masukkan password root lalu teka Enter

Ketiga, cari folder penyimpanan Gparted. Ketik Whereis Gparted    lalu tekan enter

Keempat, masuk pada folder tsb (biasanya di /usr/sbin/parted). ketik sudo /usr/sbin/gparted   lalu tekan enter

Kelima, install Gparted. Caranya,Ketik sudo apt-get install gparted    lalu tekan enter

Keenam, jalankan Program Gparted tersebut.

Selanjutnya, Hapus partisi pada hardisk anda, lalu buat ulang partisinya sesuai dengan keiginan anda.
terakhir, tekan Apply dan OK .....

0 komentar :

Posting Komentar